EVALUASI PELAYANAN SWAMEDIKASI DI APOTEK MITRA MANDIRI PAMEKASAN

Siti Adetayara, Yusantari, Farm (2021) EVALUASI PELAYANAN SWAMEDIKASI DI APOTEK MITRA MANDIRI PAMEKASAN. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.

[img] Text
Skripsi - Siti Adetyara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Sarana pelayanan kefarmasian salah satunya adalah apotek. Apotek merupakan tempat apoteker dalam menjalankan praktek kefarmasian yang dibantu oleh apoteker pendamping atau tenaga teknis kefarmasian. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan apotek adalah swamedikasi. Swamedikasi adalah upaya pengobatan yang dilakukan sendiri, biasanya dilakukan untuk mengatasi keluhan-keluhan ringan yang banyak dialami masyarakat. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap pelayanan swamedikasi di apotek mitra mandiri pamekasan berdasarkan lima dimensi reliability, responsiveness, assurance, tangibles dan empati untuk factor-faktor apa saja yang harus diperhatikan untuk meningkatkan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan penedekatan cross sectional sampel penelitian ini adalah pasien yang melakukan pelayanan swamedikasi sebanyak 133 responden yang memenuhi kriteria inklusi, teknik pengambilan sampel menggunakan kuisioner dengan skala likert 4 point. Hasil pengujian menggunakan program SPSS 21 diperoleh nilai cronbach alpha sebesar 0,828 hasil uji menunjukkan reliebel. Dimana pada lima dimensi kehandalan kategori rendah jumlah persentase sebesar (11%), pada kategori sedang jumlah persentase (29%), pada kategori tinggi jumlah persentase (60%). Pada dimensi ketanggapan kategori rendah jumlah persentase (10%), pada ketegori sedang jumlah persentase (59%), pada kategori tinggi jumlah persentase (31%). Pada dimensi jaminan kategori rendah jumlah persentase (10%), kategori sedang (60%), kategori tinggi jumlah persentase (30%). Pada dimensi bukti langsung kategori rendah jumlah persentase (10%), kategori sedang jumlah pesentase (60%), kategori tinggi jumlah persentase (30%). Pada dimensi empati kategori sedang jumlah persentase (10%), pada kategori sedang jumlah persentase (60%), dan kategori tinggi (30%) Kata kunci : Pelayanan, Swamedikasi, kehandalan, ketanggapan, jaminan, bukti langsung, empati

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:09
Last Modified: 15 Nov 2021 05:39
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/363

Actions (login required)

View Item View Item