ANALISIS INDIKATOR MUTU WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PADA PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP FA-MITRA WARUKULON

Lina Apriani, A. Md. Farm (2022) ANALISIS INDIKATOR MUTU WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP PADA PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP FA-MITRA WARUKULON. Diploma thesis, Universitas Anwar Medika.

[img] Text
Tugas Akhir - Lina Apriani .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Waktu tunggu pelayanan resep obat adalah tenggang waktu mulai pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat dengan standar minimal yang ditetapkan kementrian Kesehatan adalah < 30 menit untuk resep nonracikan dan < 60 menit untuk resep racikan. Penelitian ini untuk mengetahui persentase waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Klinik Pratama Rawat Inap FA-MITRA. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui pengamatan langsung dan pencatatan waktu tunggu pelayanan resep dalam formulir pencatatan waktu tunggu pada bulan April 2022. Data yang diambil sebanyak 307 resep nonracikan dan sebanyak 36 resep racikan. Rata-rata waktu shif pagi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep nonracikan adalah 7,6 menit dan waktu dibutuhkan untuk menyelesaikan resep racikan adalah 15,3 menit. Sedangkan Rata-rata waktu shif siang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan resep nonracikan adalah 9,3 menit dan waktu dibutuhkan untuk menyelesaikan resep racikan adalah 19,3 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan resep di Klinik Pratama Rawat Inap FA-MITRA telah memenuhi persyaratan sesuai standar pelayanan minimal di rumah sakit. Kata Kunci : Waktu tunggu, Pelayanan Resep, Klinik Pratama Rawat Inap FA-MITRA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 24 Nov 2022 02:58
Last Modified: 24 Nov 2022 02:58
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item