PENGARUH TINGKAT PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Kab. Mojokerto

Endah Nur Hamidah, S. Farm (2019) PENGARUH TINGKAT PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Kab. Mojokerto. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.

[img] Text
Endah Nur Hamidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan adalah evaluasi purnabeli, dimana persepsi terhadap kinerja alternatif produk atau jasa yang dipilih memenuhi atau melebihi harapan, apabila persepsi terhadap kinerja tidak dapat memenui harapan, maka yang terjadi adalah ketidakpuasan. Kualitas pelayanan harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir pada persepsi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi unit rawat jalan RSUD Prof Dr Soekandar Mojosari Kab. Mojokerto dan Untuk mengetahui pengaruh tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Instalasi Farmasi unit rawat jalan RSUD Prof Dr Soekandar Mojosari Kab. Mojokerto. Metode Penelitian ini termasuk penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian secara deskriptif menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini di RSUD Prof. Dr. Soekandar Mojosari Kab. Mojokerto dilakukan pada bulan Maret-Mei 2019. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan survei dimana proses pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner dan wawancara kepada responden. Untuk kemudahan dalam pengolahan data digunakan bantuan program komputer SPSS version 20 (Statistical Product and Service). Hasil penelitian didapat 100 kuesioner untuk kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dan 30 kuesioner untuk pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dimensi kehandalan 59% responden menyatakan baik, dimensi ketanggapan 62% responden menyatakan baik, dimensi empati 53% responden menyatakan baik, dimensi jaminan 68% responden menyatakan baik, dimensi penampilan 70% responden menyatakan baik. Tingkat pelayanan yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan adalah dimensi penampilan dan jaminan, sedangkan yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat jalan adalah dimensi empati, ketanggapan dan kehandalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:21
Last Modified: 26 Nov 2020 07:52
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item