ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT SWAMEDIKASI DI APOTEK SEKAR PUTIH FARMA MOJOKERTO

Ninting Sukma Werdia, S. Farm (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN OBAT SWAMEDIKASI DI APOTEK SEKAR PUTIH FARMA MOJOKERTO. Other thesis, Universitas Anwar Medika.

[img] Text
Skripsi - Ninting Sukma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang memiliki kualitas baik diawali dengan standar etika manajemen yang baik juga, salah satunya pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang memiliki tanggung jawab langsung pada konsumen, berhubungan dengan sediaan farmasi yang memiliki tujuan mewujudkan hasil pasti dalam menambah mutu hidup konsumen. Adanya keinginan pasien mendapatkan kepuasan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan obat swamedikasi. Jenis penelitian ini menggunakan analisa corelational, Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan crossectional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung di Apotek Sekar Putih Mojokerto, sampel dalam penelitian ini sebanyak 94 Responden Kuesioner tentang kepuasan konsumen dalam bentuk kuesioner, menggunakan uji statistik chi square dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil penelitian ini diketahui bahwa sebagian besar responden merasa puas sebanyak 83 orang (88,3%). Dan sebagian kecil adalah merasa tidak puas sebanyak 11 orang (11,7%). Sebagian besar responden merasa kualitas pelayanannya baik sebanyak 83 orang (88,3%). Dan sebagian kecil adalah merasa kualitas pelayanan buruk sebanyak 11 orang (11,7%). Sebagian besar responden merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas apotek sebesar (88,3%). Dan hanya sebagian kecil adalah merasa tidak puas terhadap kualitas pelayanan sebanyak 11 orang (11,7%). Berdasarkan hasil uji statistik chi square nilai sig. 0,000 < α 0,05 artinya terdapat hubungan kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan di Apotek Sekarputih Mojokerto. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Obat Swamedikasi, Crosseectional, Chi Square

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:30
Last Modified: 07 Nov 2023 04:30
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item