Branding "Koran (Kopi Durian)" Di Desa Wonosalam Sebagai Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Digital Marketing

Acivrida Mega Charisma, S.Si., M.Si Branding "Koran (Kopi Durian)" Di Desa Wonosalam Sebagai Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Berbasis Digital Marketing. Community Development Journal. (Submitted)

[img] Text
Jurnal Pengmas_Acivrida_new.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berpengaruh di seluruh sektor termasuk sektor ekonomi. Perkembangan ini di satu sisi menguntungkan berbagai pihak sedangkan di sisi lain justru merugikan. Pelaku UMKM juga terdampak akan harus perkembangan di era ini. Para pelaku UMKM sebagai salah satu aktor penggerak perekonomian kurang menyadari betapa pentingnya branding produk. Permasalahan yang ditemukan di lapangan bahwa pelaku usaha kopi durian tidak terlalu mementingkan mengenai brand yang mereka miliki. Mereka hanya berfokus pada segi penjualan. Berbagai penelitian menghasilkan bahwa branding merupakan salah satu kunci agar produk lebih dikenal oleh masyarakat sekaligus meningkatkan hasil penjualan. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini yaitu memberikan sosialisasi pentingnya branding terhadap para pelaku usaha kopi durian sekaligus memberikan bimbingan dan pelatihan agar mampu menciptakan brand yang berbasis Digital marketing. Tujuan pengabdian kepada masyarkat ini yaitu pelaku usaha kopi durian mampu membranding produknya lebih kreatif dan menarik agar menarik minat konsumen. Tahapan metode pelaksanaan penelitian ini yaitu yang pertama wawancara untuk mencari pokok permasalahan, kedua melakukan sosialisasi pentingnya branding produk, ketiga melakukan bimbingan dan pelatihan mengenai branding produk yang menghasilkan desain yang kreatif dan inovatif sekaligus menciptakan website untuk mendukung aspek pemasaran. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini yaitu pelaku usaha kopi durian sadar akan pentingnya branding produk, bantuan material baik bahan maupun alat, serta pembuatan desain branding produk sekaligus pembuatan website untuk memudahkan pemasaran. Keywords: Branding, UMKM, Kopi Durian, Digital Marketing

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:55
Last Modified: 12 Jun 2024 07:55
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item