TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK “ A “ MOJOGUNG KABUPATEN JOMBANG

Choney Ajeng Sekar D.S (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI KLINIK “ A “ MOJOGUNG KABUPATEN JOMBANG. Diploma thesis, Universitas Anwar Medika.

[img] Text
KTI Choney Ajeng - Choney Ajeng251.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar atau spesialistik. Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat menimbulkan kepuasan pada pasien. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien setelah membandingkan kinerja yang dirasakan atau pelayanan yang telah diterima dengan apa yang diharapkan. Tingkat kepuasan pasien dilihat dari lima dimensi servqual yaitu dimensi ketanggapan (Responsiveness), dimensi kehandalan (Reliability), dimensi keyakinan (Assurance), dimensi empati (Emphaty) adalah, dan dimensi berwujud (Tangible). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien Rawat Jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik “A” Mojoagung Kabupaten Jombang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 91 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah original reaserch. Sedangkan jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian deskriptif observasional. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik ”A” Mojoagung Kabupaten Jombang dengan mengunakan indikator lima dimensi servqual meliputi dimensi ketanggapan (Responsiveness) menghasilkan 88,4% ( Sangat Puas ), dimensi kehandalan (Reliability) menghasilkan 87% ( Sangat Puas ), dimensi keyakinan (Assurance) menghasilkan 95% ( Sangat Puas ), dimensi empati (Emphaty) menghasilkan 94% ( Sangat Puas ), dan dimensi berwujud (Tangible) menghasilkan 90% ( sangat Puas ). Rata – rata dari kelima dimensi didapatkan 90,9% responden sangat puas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien sangat puas terhadap pelayanan kefarmasian di Klinik “ A “Mojoagung Kabupaten Jombang. Kata kunci : Klinik, Pelayanan kefarmasian, Tingkat Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 05 Nov 2024 10:11
Last Modified: 05 Nov 2024 10:11
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item