Ahmad Zulfikar Badri, S.Farm (2020) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.
Text
Ahmad Zulfikar.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat, bertujuan menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan fungsi dalam perawatan pasien. Pasien yang memiliki asuransi pun juga berhak untuk mendapatkan pelayanan atau kualitas yang baik, salah satu asuransi yang diselenggarakan oleh pemerintah yaitu BPJS. Penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan berwujud. Penelitian ini termasuk dalam jenis observasional dengan metode cross – sectional dan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan maret- april 2020 dengan menggunakan kuisioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan nilai kepuasan dan harapan untuk selanjutnya dihubungkan dengan nilai rentang untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian ini dari 51 responden didapatkan nilai tingkat kepuasan rataratanya sebesar 0,85 (tinggi) dari kelima dimensi yaitu kehandalan sebesar 0,86 (tinggi), daya tanggap sebesar 0,68 (cukup), jaminan sebesar 0,90(tinggi), empati sebesar 0,94 (tinggi) dan berwujud sebesar 0,91 (tinggi).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 18 Nov 2020 03:39 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 08:54 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/121 |
Actions (login required)
View Item |