Erizka Erdianty (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN OBAT DI APOTEK MOJOAGUNG. Other thesis, Universitas Anwar Medika.
Text
SKRIPSI Tri_Marisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Apotek merupakan tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian dan penyaluran perbekalan kesehatan, khususnya sediaan farmasi agar masyarakat dengan mudah bisa mendapatkan keperluan obat-obatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Banyaknya apotek di sekitar kita membuat masyarakat dapat dengan mudah memilih apotek mana yang memberikan pelayanan yang berkualitas. Tingkat kepuasan konsumen dipengaruhi adanya pelayanan secara menyeluruh oleh tenaga kefarmasian. Studi kepuasan pelanggan adalah salah satu indikator untuk mengukur keberhasilan pelayanan kefarmasian di apotek. Indikator yang bisa digunakan untuk menentukan kualitas pelayanan kesehatan adalah melakukan pengukuran layanan kepuasan pelanggan terhadap jasa pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan obat di Apotek Mojoagung, Kabupaten Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Kuesioner tersebut mengukur lima dimensi kualitas pelayanan berdasarkan model SERVQUAL, yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli obat di Apotek Mojoagung pada bulan Juli 2024, dengan sampel sebanyak 69 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan dinilai puas dengan presentase tertinggi 45%, daya tanggap 49%, jaminan 57%, empati 54% dan bukti fisik sebesar 61%. Dari hasil keseluruhan dimensi pada penelitian ini, apotek berada pada kategori puas terutama bukti fisik yang memiliki nilai presentase tertinggi sebesar 61%. Hal ini menunjukkan bahwa responden merasa fasilitas yang disediakan memenuhi harapan konsumen. Kata kunci: Apotek, pelayanan obat, servqual, tingkat kepuasan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 08:34 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 08:34 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/1214 |
Actions (login required)
View Item |