TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI APOTEK X MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG Level Of Patient Satisfaction With Services At Pharmacy X Mojowarno, Jombang District

Emy Adelia Fitri (2024) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI APOTEK X MOJOWARNO KABUPATEN JOMBANG Level Of Patient Satisfaction With Services At Pharmacy X Mojowarno, Jombang District. Diploma thesis, Universitas Anwar Medika.

[img] Text
Emy Adelia FITRI kti FULL - Emy Adelia fitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Apotek merupakan suatu sarana untuk penyaluran perbekalan farmasi kepada masyarakat, pengubahan bentuk, pencampuran dan penyerahan obat dan sarana penyalur perbekalan farmasi, termasuk obat yang diperlukan di perlukan masyarakat, secara luas dan merata. Pelayanan kesehatan apotek memiliki peranan penting karena dapat dirasakan langsung oleh pasien, karena itu pasien dapat memberikan reaksi yang beragam seperti memuji, mengeluh, ataupun merasakan kepuasan (Ferdiansyah et al, 2021). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Apotek X Mojowarno Kabupaten Jombang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini termasuk dengan menggunakan analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisi data secara mendalam dalam bentuk angka yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian terhadap peningkatan kualitas hidup pasien (Herlinda, 2017). Metode penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian observasional dengan melibatkan seluruh pasien atau keluarga pasien. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 100 responden. Hasil penelitian tentang tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek X Mojowarno disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek X Mojowarno untuk dimensi Nyata 0,93 (Sangat Puas), Kehandalan 0,93 (Sangat Puas), Ketanggapan 0,95 (Sangat Puas), Jaminan 0,94 (Sangat Puas), Empati 0,95 (Sangat Puas), Rata- rata yang didapatkan dari 5 dimensi sebesar 0,94 (Pasien Sangat Puas) yang artinya pelayanan yang diberikan memuaskan. Kata kunci : Apotek, Pelayanan kefarmasian, Kepuasan Pasien

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 09 Nov 2024 05:04
Last Modified: 09 Nov 2024 05:04
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item