Istiqomatul Jannah (2024) GAMBARAN TINGKAT KEPATUHAN TERAPI ASMA PADA PASIEN ANAK DI RSUD dr. MOHAMMAD ZYN SAMPANG. Other thesis, Universitas Anwar Medika.
Text
ISTIQOMATUL JANNAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Asma adalah suatu penyakit kronis yang menyerang 1-18% populasi berbagai negara. Asma ditandai dengan gejala mengi, sesak napas dan batuk yang bervariasi seiring waktu dan intensitasnya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan asma seperti faktor keturunan, faktor umur, serta faktor lingkungan. Pengobatan asma dapat dilakukan secara terapi farmakologi seperti pemberian obat asma pengontrol, pelega dan tambahan. Untuk terapi non-farmakologinya dengan memberikan edukasi tentang asma kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan pasien asma dalam masa pengobatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 responden dengan teknik pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pasien dengan tingkat kepatuhan rendah sebesar 83,3% yang dilanjutkan dengan kategori sedang sebesar 16,7%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepatuhan terapi asma pada pasien anak di RSUD. Dr. Mohammad Zyn Sampang mayoritas tergolong rendah. Bagi tenaga kesehatan diharapkan memberikan edukasi dan informasi kepada pasien mengenai hal – hal yang berhubungan dengan pengobatan penyakit asma seperti penggunaan obat, indikasi obat, aturan pakai, dan lain – lain agar mencegah terjadinya penggunaan obat yang tidak rasional. Kata kunci : Asma, Tingkat Kepatuhan,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 05:34 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 05:34 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/1258 |
Actions (login required)
View Item |