EVALUASI PEMBERIAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO

Indah Nur Agustin, S. Farm (2020) EVALUASI PEMBERIAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TAMAN SIDOARJO. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.

[img] Text
Indah Nur Agustin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pharmaceutical care atau asuhan kefarmasian merupakan pola pelayanan kefarmasian yang berorientasi pada pasien. Salah satu pelayanan kefarmasian klinik yang diperoleh oleh pasien adalah pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Pelayanan KIE merupakan suatu pelayanan yang diberikan kepada pasien saat penyerahan obat. Pelayanan KIE yang bermutu dapat diukur dari kepuasan pasien yang sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 80 dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu teknik consecutive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret-M ei 2020 dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini mendapatkan hasil persentase tingkat pelayanan KIE yaitu pelayanan KIE kurang 19%, cukup 48% dan baik 33%. Hasil persentase tingkat kepuasan pasien yaitu kepuasan rendah 11%, sedang 71%, dan tinggi 18%. Berdasarkan analisis Corelasi pearson product moment antara variabel KIE dengan kepuasan adalah sebesar 0,899. Nilai ini lebih tinggi dari r tabel untuk jumlah responden 80 yang hanya 0,220. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pemberian KIE dengan kepuasan pasien. Nilai r hitung positif menunjukkan adanya hubungan berbanding lurus. Semakin sering KIE yang diberikan, semakin tinggi kepuasan pasien. Sedangkan jika dilihat dari nilai signifikansi 2 arah yaitu sebesar 0,00. Nilai ini lebih kecil dari ambang nilai signifikansi yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan korelasi antara pemberian KIE dengan kepuasan pasien bersifat signifikan. Keeratan hubungan dua variabel ini yaitu berkorelasi sempurna. Perlunya peningkatan konseling dengan penambahan jumlah Apoteker sehingga Apoteker ada waktu untuk melakukan konseling yang sesuai dengan Standar Pelayanan Kefarmasian

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 21 Nov 2020 02:14
Last Modified: 26 Nov 2020 08:37
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item