Rosi Maya Andriani, S. Farm (2020) PENGARUH PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN HIPERTENSI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.
Text
Rosi Maya Andriani.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Hipertensi adalah salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan yang serius di dunia bahkan di Indonesia. Kepuasan adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa untuk setiap pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien dimana tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien hipertensi rawat jalan di Rumah Sakit Anwar Medika. Metode penelitian ini termasuk penelitian observasional dengan rancangan penelitian secara deskripstif menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini di Rumah Sakit Anwar Medika dilakukan pada bulan maret 2020. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan survei dimana proses pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisioner dan wawancara kepada responden. Untuk kemudahan pengolahan data digunakan bantuan program SPSS version 20. Hasil penelitian didapat 200 responden. Penelitian ini menyimpulkan bahwa responden menyatakan sangat tidak puas 1,2%, responden menyatakan tidak puas 4,8%, responden menyatakan puas 27,9%, responden menyatakan sangat puas 66,2%. Pengaruh tingkat pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien hipertensi yaitu benilai y = 35,869 + 0,460x.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 21 Nov 2020 03:29 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 08:27 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/169 |
Actions (login required)
View Item |