ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN BPJS DI KLINIK MEDIS GELORA SIDOARJO

Astrid Feby, Permana Putri, S. Farm (2021) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PASIEN BPJS DI KLINIK MEDIS GELORA SIDOARJO. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.

[img] Text
Skripsi - Astrid Feby.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (894kB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan kefarmasian yang berorientasi (pharmaceutical care) atau dalam artian yang lebih luas meliputi pelaksanaan pemberian informasi sebagai pendukung penggunaan obat yang benar dan rasional, monitoring penggunaan obat dan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengobatan. Kepuasan pasien sangat penting karena kepuasan pasien merupakan sasaran dari JKN atau BPJS. Penelitian ini untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi yaitu dimensi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan berwujud. Penelitian ini termasuk dalam jenis observasional dengan metode cross – sectional dan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Desember-Februari 2020 dengan menggunakan kuisioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan nilai kepuasan dan harapan untuk selanjutnya dihubungkan dengan nilai rentang untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Sampel pada penelitian ini berjumlah 334 sampel yang termasuk dalam kriteria inklusi. Hasil penelitian ini dari 334 responden didapatkan nilai tingkat kepuasan rata-ratanya sebesar 0,84 (tinggi) dari kelima dimensi yaitu kehandalan sebesar 0,71 (cukup), daya tanggap sebesar 0,96 (tinggi), jaminan sebesar 0,95(tinggi), empati sebesar 0,80 (tinggi) dan berwujud sebesar 0,79 (cukup). Kata kunci: Pelayanan kefarmasian, Kepuasan, Harapan, BPJS Kesehatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:47
Last Modified: 16 Nov 2021 02:31
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item