Berlina, Febrianti, S. Farm (2021) EFEKTIVITAS PENYIMPANAN OBAT LASA (Look Alike Sound Alike) TERHADAP KEJADIAN MEDICATON ERROR DI APOTEK GELORA SIDOARJO. Other thesis, STIKES RS Anwar Medika.
Text
Skripsi - Berlina Febrianti.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) |
Abstract
Medication error merupakan suatu kejadian pada pelayanan obat yang tidak tepat atau membahayakan pasien dapat dihindari, salah satunya adalah kesalahan dalam pengambilan obat-obat LASA (Look Alike Sound Alike) menjadi salah satu penyebab medication error yang cukup sering. Hal ini merupakan suatu keperihatinan yang juga terjadi di seluruh dunia. Dengan puluhan ribu obat yang beredar di pasaran, maka sangat signifikan potensi terjadinya kesalahan akibat bingung terhadap nama merek atau generik serta kemasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penyimpanan obat LASA (Look Alike Sound Alike) di Apotek Gelora Sidoarjo terhadap angka kejadian medication error. Metode yang digunakan dalam analisis data adalah kuantitatif observasi.Penelitian ini berupa penelitian yang teknik pengumpulan datanya didapatkan dengan melakukan observasi dimana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan yang sedang diobservasi. Hasil dalam penelitian ini adalah dengan kejadiam medication error sebelum dirubah dalam metode penyimpanan obat LASA dengan total kejadian medication error 210 dalam 3 bulan, dan setelah dirubah dalam metode penyimpanan obat LASA dengan angka kejadian medication error sebanyak 126 kejadian medication error selama 3 bulan. sehingga terdapat penurunan terhadap kejadian medication error di Apotek Gelora Sidoarjo sesudah dirubah dalam metode penyimpanan obat LASA. Kata kunci : Medication error, Penyimpanan LASA, Apotek Gelora Sidoarjo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:24 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 02:28 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/309 |
Actions (login required)
View Item |