Izzatun, Naimah, A.Md. Farm (2021) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SEHAT MOJOSARI. Diploma thesis, STIKES RS Anwar Medika.
Text
Tugas Akhir - Izzatun Naimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
Abstract
Kepuasan adalah perasaan kecewa atau senang setiap individu yang muncul setelah membandingkan kinerja atau hasil produk yang dipikirkan sesuai dengan apa yang sudah diharapkan. Apotek merupakan sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian. Pelayanan kefarmasian yang berkualitas adalah pelayanan kesehatan yang mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang berkualitas. Penelitian ini menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan yang dilihat dari 5 dimensi yaitu dimensi kenyataan (tangibels), dimensi kehandalan (reliability), dimensi daya tanggap (responsiveness), dimensi jaminan (assurance), dimensi empati (emphaty). Penelitian ini termasuk dalam jenis observasional dengan metode cross-sectional dan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan april-juni 2021 dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan nilai kepuasan dan harapan, kemudian dihubungkan dengan nilai rentang untuk mendapatkan nilai tingkat kepuasan pasien. Dari hasil penelitian dari 56 responden didapatkan nilai tingkat kepuasan rata-ratanya sebesar 0,996 (tinggi) dari kelima dimensi yaitu kenyataan sebesar 0,99 (tinggi), kehandalan sebesar 0,98 (tinggi), daya tanggap sebesar 1,00 (tinggi), jaminan sebesar 1,00 (tinggi) dan empati sebesar 1,01 (tinggi). Kata kunci : Kepuasan, Apotek, Pelayanan Kefarmasian, Harapan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 07:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 07:58 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |