Nadiah Nur, Anisa, A.Md. Farm (2021) PROFIL KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RUMAH SAKIT ARAFAH ANWAR MEDIKA SUKODONO. Diploma thesis, STIKES RS Anwar Medika.
Text
Tugas Akhir - Nadiah Nur Anisa.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelayanan Kefarmasian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan sediaan farmasi, alat kesehatan, dan bahan medis habis pakai yang bermutu dan terjangkau bagi semua lapisan masyarakat termasuk pelayanan farmasi klinik. Pengambilan sampel pada penelitian ini berdasarkan teknik accidental sampling dan dianalisis menggunakan kuadran jendela pelanggan (Customer Window Quadrant). Kuesioner berisi 20 item pertanyaan yang terdiri dari 5 dimensi kepuasan yaitu Tangibles (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) yang dimana masing-masing memiliki 4 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Arafah Anwar Medika pada setiap indikator dikatakan puas, karena pada kuesioner penilaian harapan dan penilaian kinerja responden lebih banyak memilih pada skala 3 dengan nilai rata-rata paling banyak 3,46, dengan tingkat kepuasan tertinggi pada Kuadran B dengan 7 item pertanyaan, sedangkan yang terendah pada kuadran D hanya dengan 3 item pertanyaan dari beberapa dimensi. Kata Kunci : rumah sakit, pelayanan kefarmasian, kepuasan, jendela pelanggan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 02:56 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 02:56 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
View Item |