Marina Putri Arifiani, S. Farm (2023) EVALUASI KEPUASAN PASIEN SWAMEDIKASI DI APOTEK KARTIKA JAYA FARMA DAN DI APOTEK KHODIJAH. Other thesis, Universitas Anwar Medika.
Text
Skripsi - Marina Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kesehatan adalah hal yang penting bagi umat manusia. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan salah satu faktor yang menunjang kualitas hidup seseorang. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat adalah meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia tahun 2006, layanan kefarmasian yang biasanya disediakan di apotek adalah pengobatan sendiri atau swamedikasi. swamedikasi adalah suatu pemilihan dan penggunaan obat-obatan oleh diri sendiri untuk mengobati dan melindungi dari berbagai penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pelayanan swamedikasi antara Apotek Kartika Jaya Farma dan Apotek Khodijah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah sampel 100 responden tiap apotek.teknik pengam bilan sampel secara purposive sampling dan instrumen yang digunakan kuesioner dengan skala likert. Terhadap kuesioner terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reabilitas. Dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis metode servqual diperoleh skor negatif (-) pada semua indikator pertanyaan, berarti responden tidak puas dengan pelayanan di Apotek Kartika Jaya Farma dan di Apotek Khodijah. Sedangkan pada analisis dengan Importance Performance Analysis (IPA) diperoleh rata-rata total untuk Apotek Kartika Jaya Farma pada variabel kinerja adalah 80,09 dan pada variabel harapan 97,27. Dan untuk Apotek Khodijah pada variabel kinerja adalah 79,03 dan pada variabel harapan 94,77. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa responden tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Apotek Kartika Jaya Farma dan Apotek Khodijah. Diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan di Apotek Kartika Jaya Farma dan Apotek Khodijah, dan perlu dipertahankan pelayanan yang sudah bisa memuaskan pasien. Kata kunci: apotek, kualitas pelayanan, swamedikasi, tingkat kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Depositing User: | Triani Febriana Triani |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 06:55 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 06:55 |
URI: | http://repository.uam.ac.id/id/eprint/907 |
Actions (login required)
View Item |