HUBUNGAN PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO

Naila Alfi Yusriyah, S. Farm (2023) HUBUNGAN PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TULANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, Universitas Anwar Medika.

[img] Text
Skripsi - Naila.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kepuasan pasien merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) yang dipikirkan terhadap kinerja (hasil) yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif observasional prospektif yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien, mengetahui pelayanan kefarmasian, dan mengetahui hubungan pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Puskesmas Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Variabel penelitian adalah kualitas pelayanan kefarmasian dan kepuasan pasien dengan indikator 3 dimensi meliputi pengelola terapi, hubungan interpersonal, dan kepuasan umum. Populasi penelitian adalah semua pasien rawat jalan dengan pengambilan sampel 384 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi 20 item pernyataan dengan menggunakan skala likert 5 point dan metode cut off point. Hasil perhitungan analisis univariat kepuasan pasien dalam dimensi pengelola terapi 84,50%, hubungan interpersonal 82,68%, dan kepuasan umum 84,93%. Pada perhitungan pelayanan kefarmasian dengan cut-off point pada nilai mean dan standar deviasi dalam dimensi pengelola terapi 4,35, hubungan interpersonal 4,35, dan kepuasan umum 4,25. Pada analisis bivariat atau uji hubungan kepuasan pasien dengan pelayanan kefarmasian menunjukkan hasil tingkat hubungan korelasi sebesar 0,126 dan signifikansi sebesar 0,013. Tingkat kepuasan secara keseluruhan 84,04% dikategorikan sangat puas dan pelayanan kefarmasian dikategorikan baik. Hubungan kepuasan pasien dengan pelayanan kefarmasian yaitu memiliki hubungan dengan tingkat keeratan sangat rendah tetapi hubungan kedua variabel searah. Kata kunci: Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Univariat, Bivariat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Triani Febriana Triani
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:23
Last Modified: 07 Nov 2023 04:23
URI: http://repository.uam.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item